Kementerian Agama Telah Cairkan 42 Miliar untuk Santri Pondok Pesantren

Kementerian Agama Telah Cairkan 42 Miliar untuk Santri Pondok Pesantren

Islamedia – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Mohsen mengungkapkan bahwa pada tahun 2016 Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp. 159.921.500.000 dalam Program Indonesia Pintar (PIP) untuk santri pondok pesantren.

Data yang tercatat pada pertengahan bulan oktober ini sudah tersalurkan dana sebanyak Rp. 42.496.500.000, atau sudah 55.689 santri dari total 190.000 santri yang seharusnya menerima manfaat dari program ini.

Anggaran manfaat PIP yang sudah disalurkan berjumlah Rp. 42.496.500.000,- dan akan terus meningkat bersamaan dengan progres pencairan anggaran,” ujar Mohsen seperti rilis yang diterima Islamedia, sabtu(22/10/2016).

Mantan Kakanwil Sulawesi Tengah ini menambahkan bahwa saat ini pihaknya terus mengup date informasi penyaluran anggaran manfaat PIP untuk santri Pondok Pesantren karena sebagian anggaran berada di Kanwil Kemenag Provinsi dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Santri yang berhak menerima manfaat PIP ini menurut Mohsen adalah para santri pondok pesantren yang telah memenuhi kriteria sebagai berikut:

[1] Santri pada pondok pesantren
[2] tidak sedang mengikuti layanan pendidikan formal, seperti sekolah (SD/SMP/SMA/SMK) dan madrasah (MI/MTs/MA);
[3] berasal dari keluarga miskin.

Lebih lanjut Mohsen menjelaskan bagi santri yang ingin menerima manfaat dari program ini harus memenuhi ketiga kriteria diatas dan melampirkan sejumlah data dan bukti-bukti otentik, seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor KTP, penghasilan orang tua dan data-data keluarga lainnya serta surat keterangan miskin.[islamedia.id]