Kecewa Soal Kereta Cepat, Menteri Jepang : Kami akan Tinjau Ulang Semua Bisnis dengan Indonesia

Keputusan pemerintah Jokowi-JK menyerahkan proyek kereta cepat (shinkansen) berbuah kekecewaan dari pihak pemerintah Jepang.

Hal tersebut diutarakan Menteri Transportasi Jepang, Akihiro Ota dalam konferensi pers, Jumat (2/9/2015) sore di kantornya di Tokyo, “Rencana Indonesia menyerahkan proyek kereta api cepat kepada Tiongkok sangatlah disesalkan,” ujarnya seperti diberitakan kompas.

Ota menambahkan, pihaknya akan meninjau kembali semua hubungan bisnis dengan Indonesia terutama di bidang pertanahan, infrastruktur dan transportasi yang dibidanginya, dan mengevaluasi semua kebijakan dengan Indonesia ke depan, ” Kita akan meninjau ulang semua bisnis Jepang dengan Indonesia di bidang yang saya tangani ini, khususnya mengenai kereta api berkecepatan tinggi,” ujarnya.

Meski harga mahal, namun kereta cepat Jepang memiliki kualitas yang sangat tinggi. Selain itu, Jepang sendiri berkomitmen akan meningkatkan sumber daya manusia pada proyek tersebut, sekaligus meningkatkan bidang pengembangan teknologi untuk kereta cepat tersebut. [kompas/islamedia]

Facebook Comments