Jabar Gelorakan Gerakan Membaca dan Menghafal Alquran Sebelum Belajar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus berkomitmen menggelorakan gerakan membaca dan menghafal Alquran sebelum mulai belajar di sekolah-sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) pada acara penyerahan Wakaf Syamil Quran dan Launching Liqo Tahfidz Quran se-Kota Bandung di Sekolah Bintang Madani Bandung, Ahad (28/2).

“Mudah-mudahan kita bisa terus menggebyarkan gerakan baca Alquran ini. Apalagi untuk hafalan Alquran, kami ingin terus menggebyarkan gerakan ini di seluruh kabupaten dan kota,” ujarnya, dikutip dari Republika.

Ia berharap, pada Januari 2017 bertepatan dengan momentum alih kelola SMA/SMK oleh pemprov akan dapat dibuat aturan baru untuk mendukung gerakan membaca dan menghafal Alquran di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut, Aher mengatakan aturan yang akan dibuat Pemprov Jabar terkait baca Alquran sebelum proses belajar di sekolah dimulai dengan yang sederhana yakni setengah jam menjelang jam pertama (belajar) dilaksanakan, murid-murid sudah ada di kelas.

“Kemudian di situ lewat media audio visual dikendalikan dari central di Kota Bandung dan akan ada juga bimbingan membaca sekaligus menghafal Alquran,” katanya.

Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan pembekalan dalam bentuk ceramah agar mereka mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai makna yang terkandung dalam Alquran. [republika/islamedia]

Facebook Comments