Israel Bersemangat Dukung Pendirian Negara Kurdi

Demi melemahkan musuh-musuh negaranya, Israel melalui Menteri Kehakiman Ayelet Shaked menyeru pendirian negara independen Kurdistan.

“Kita harus terbuka menyerukan sebuah negara Kurdi yang memisahkan Iran dari Turki, sebuah negara yang akan bersahabat terhadap Israel,” seru Shaked dalam konferensi pers di Tel Aviv hari Selasa (19/1/2016), demikian Times of Israel.

Hal tersebut mencerminkan keinginan kuat Israel untuk menjalin hubungan lebih kokoh dengan komunitas Kurdi di Iraq dan bahwa mempromosikan berdirinya sebuah negara Kurdi merdeka.

Dilansir oleh Hidayatullah, untuk mendapatkan dukungan untuk pembentukan negaranya sendiri, Massoud Barzani, presiden dari Pemerintah Regional Kurdistan (KRG), awal bulan ini berbicara kepada para diplomat dari 30 negara lebih di Arbil, Iraq, tentang rencananya menggelar referendum.

Desember 2015, Barzani memerintah para pejabat di partainya agar mempercepat persiapan referendum guna memutuskan apakah wilayah otonomi Kurdi akan memisahkan diri dari Iraq.

Sebelumnya, rencana referendum dibatalkan pada tahun 2014, ketika kelompok bersenjata ISIS mencaplok Mosul, kota kedua terbesar di Iraq. Pendudukan Mosul oleh ISIS mengancam wilayah otonomi KRG. Sejak itu, pasukan Kurdi, Pershmerga, ikut angkat senjata melawan ISIS, dibantu oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat dan Turki. [hidayatullah/islamedia]

Facebook Comments