Iran Tawarkan Dorra Secara Sepihak, Kuwait Bertindak

Bendera Kuwait.

Islamedia – Kuwait memanggil perwakilan Iran, setelah Teheran mengeluarkan brosur penawaran peluang investasi, di ladang gas Dorra yang masih dipersengketakan, demikian diwartakan kantor berita Kuwait KUNA seperti disiarkan laman Middle East Monitor pada Rabu (26/8/2015) kemarin.

Teheran dan Kuwait terlibat perselisihan seputar ladang gas lepas pantai itu, sejak tahun 1960-an. Tetapi pada tahun 2012, Iran mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya berencana untuk membangun sebagian ladang gas itu di bawah pengawasannya. Iran juga memberi nama sendiri dengan menyebutnya sebagai ladang gas Arash.

Terbaru, Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) menyebarluaskan laporan dan mempresentasikan kemungkinan peluang investasi di republik Syi’ah tersebut, dan disebutkan “mencakup area yang berlokasi di dekat ladang minyak Kuwait.”

KUNA melaporkan, pihak kementerian luar negeri Kuwait telah mengeluarkan pernyataan bantahan, bahwa tidak ada perubahan apapun terhadap status quo yang berlaku di ladang gas Dorra.

“Kementerian Luar Negeri (Kuwait) sedang mengambil langkah-langkah yang diperlukan, untuk menjaga dan mengawal hak-hak negara Kuwait, dalam konteks memperkuat hubungannya di level kawasan dan internasional, serta tetap bersesuaian dengan hukum internaisonal.” (memo/thenational/ismed)

Facebook Comments