Iran Jadikan Tragedi Mina Komoditas Politik

Presiden Iran Jadikan-Tragedi Mina Komoditas Politik di PBB (foto:Aljazeera)

Islamedia – Ditengah duka mendalam terkait tragedi Mina, ada saja pihak yang mengail di air keruh, hal ini seperti dilakukan pemerintah Iran.

Musibah ini dijadikan komoditas Politik oleh pemerintah Iran untuk menjatuhkan kredibilitas kerajaan Arab Saudi.
Menteri Luar negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir menyayangkan sikap negeri Syiah tersebut.

“Saya berharap para pemimpin Iran akan lebih masuk akal dan lebih bijaksana berkaitan dengan orang-orang yang menjadi korban dalam tragedi ini. Baiknya menunggu sampai kita melihat hasil dari penyelidikan,” ujarnya di sidang PBB, dikutip ROL, Ahad (27/9).

Jubeir meminta semua pihak untuk bersabar menunggu hasil penyelidikan pihak otoritas dalam tragedi Mina itu. Menurutnya, kerajaan Arab Saudi tentunya telah memiliki rekam jejak penanganan musibah seperti ini.

“Dan kami akan memastikan bahwa kita akan belajar dari kondisi ini dan kami akan memastikan bahwa hal itu tidak terjadi lagi. Saya ingin mengulangi lagi ini bukan situasi yang dapat digunakan untuk bermain politik,” tegas Jubeir.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menekan PBB untuk melakukan penyelidikan kepada Arab Saudi terkait peristiwa di Mina. Tekanan itu disampaikan Rouhani dalam pidatonya di markas PBB, Sabtu (26/9).[islamedia/YL]

Related Posts

Facebook Comments