Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Syaikh Wahbah al-Zuhaili Ulama Fiqih Terkemuka Tutup Usia

Islamedia РUmat Islam tengah berduka salah seorang ulama dan ahli ilmu fiqh terkemuka di dunia Islam, Syaikh Wahbah al-Zuhaili, meninggal dunia, Sabtu (8/8/2015) sore kemarin. beliau tutup usia dalam umur 83 tahun demikian seperti Islamedia kutip dari laman dakwatuna.com, Ahad (9/8/2015).

Syaikh Wahbah al-Zuhaili adalah salah seorang ulama besar Ahlussunah wal Jamaah dari Suriah. Beliau adalah anggota ahli di sejumlah akademi fiqh, seperti Makkah, Jeddah, India, Amerika, Sudan, dan lainnya. Di Suriah, Syaikh al-Zuhaili menjabat kepala jurusan fiqh, fakultas Syariah, Universitas Damaskus.

Ia pernah mendapatkan penghargaan tokoh Islam terbaik dalam acara menyambut tahun baru Hijriah yang diadakan pemerintah Malaysia pada tahun 2008.

Dilahirkan pada tahun 1932 di kota Rif Damaskus. Lulus di fakultas Syariah Universitas Al-Azhar, Mesir, dengan predikat lulusan terbaik. Selain di Al-Azhar, Syaikh al-Zuhaili juga mendapatkan gelar License ilnu syariah dan hukum dari Universitas Ain Syams, Kairo.

Gelar master dalam ilmu syariah beliau raih pada tahun 1957 dari Universitas Kairo, dan doktoral diraih pada tahun 1963, dengan predikat summa cumlaude.

Sebagai warga Suriah, Syaikh al-Zuhaili turut prihatin dengan kondisi Suriah saat ini. Pembunuhan, pengusiran, pengungsian, dialami rakyat Suriah. Dalam wawancara dengan kantor berita Ashrq Al-Awsat, beliau menyatakan akan tetap berada di Suriah, menjalankan tugas keilmuan dan agamanya.

Beliau juga meminta semua ulama di seluruh dunia untuk membantu dan mendukung rakyat Suriah agar segera mendapatkan kemerdekaan yang dicita-citakannya.[islamedia/YL]

Facebook Comments