Innalillahi, Petinju Legendaris Muhammad Ali Meninggal Dunia

Innalillahi, Petinju Legendaris Muhammad Ali Meninggal Dunia

Islamedia – Innalillahi wa innal ilaihi rooji’un, petinju legendaris Amerika Serikat Muhammad Ali meninggal dunia pada hari Jum’at, 3 Juni 2016.

Muhammad Ali menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Phoenix Arizona Amerika Serikat, setelah menjalani proses perawatan akibat penyakit komplikasi pernafasan sejak hari kamis (2/6/2016).

Seperti dilansir CNN, Putri Muhammad Ali, Laila Ali mengkonfirmasi kebenaran berita tentang wafatnya sang ayah dan menyampaikan terima kasih bagi semua orang yang mendukung keluarganya selama ini.

Muhammad Ali memiliki nama asli Cassius Clay, dilahirkan di Kentucky Amerika Serikat pada tahun 1942. Pada tahun 1964 meraih juara tinju dunia, namun gelarnya dicopot karena menolak ikut wajib militer pada 1967.

Muhamamd Ali menderita parkinson dan kondisi kesehatanya semakin memburuk dalam dua tahun terakhir. Pada Desember 2014, Muhammad Ali masuk rumah sakit karena mengalami penyakit pneumonia. Ketika itu Ali dibawa ke rumah sakit setelah sulit dibangunkan dari tidur.

Satu bulan kemudian, peraih medali emas Olimpiade 1960 itu kembali masuk rumah sakit. Kali ini Ali dirawat karena mengalami masalah dengan infeksi saluran kemih.

Ali hingga kini masih dianggap sebagai petinju kelas berat terhebat sepanjang sejarah. Mendapat julukan ‘The Greatest,’ ia pensiun dengan rekor 56 kemenangan dan 5 kali kalah.

Allahumma firlahu warhamhu wa`afihi wa`fu`anhu” – “Ya Allah, ampunilah dosanya, berilah rahmatMu ke atasnya, sejahtera dan maafkanlah dia. [islamedia/mh]

Facebook Comments