Innalillahi, Pak Raden Pencipta Tokoh ‘Si Unyil’ Meninggal Dunia

Pak Raden, Tokoh Pencipta Si Unyil Meninggal Dunia

Islamedia – Kabar duka datang dari tokoh kenamaan untuk anak-anak pada era 80-an yaitu Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan nama Pak Raden.

Ia meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015), pukul 22.20 WIB.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Drs Suyadi (Pak Raden) pada hari Jumat malam jam 22.20 WIB,” demikian seperti disampaikan Prasodjo Chusnato, asisten Pak Raden lewat akun Facebooknya, Jumat (30/10) malam.

Prasodjo meminta masyarakat Indonesia agar dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya segala kesalahan, khilaf dan kekurangan.

“Semoga yang pergi diberikan tempat yang indah, dimasukkan ke dalam barisan orang yang beriman, diterima segala amal ibadahnya, menjadikan segala karyanya cahaya yang menerangkan,” tulis Prasodjo.

Kabar duka ini dibenarkan oleh pihak keluarga Pak Raden melalui cucu beliau Ilona.

Menurut Ilona, kondisi kesehatan pencipta tokoh boneka ‘Si Unyil’ tersebut menurun drastis sejak tadi siang. Pria yang dikenal dengan blangkon dan kumis lebatnya itu mengalami infeksi pada paru kanan.

“Tadi siang masuk ke ICU, dia ada infeksi berat di paru kanan, dia juga demam tinggi. Waktu itu ibuku nemenin,” ujar Ilona.

Sebagaimana diketahui, Drs. Suyadi alias Pak Raden pria kelahiran Jember, Jawa Timur, 28 November 1932 silam tersebut adalah pencipta Si Unyil, sebuah film seri televisi Indonesia.

Drs Suyadi menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an.

Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil. [islamedia/YL]

Facebook Comments