Ini dia Masjid Ultramodern Pertama di Turki

Turki dikenal banyak memiliki masjid terbaik yang menjadi contoh pembangunan masjid di kawasan Asia dan Eropa. Salah satu ciri khas menonjol dari banyak masjid di Turki adalah gaya arsitektur Utsmaniyah yang sangat dominan.

Namun, dari sekian banyak mesjid di Turki, ada salah satu masjid megah dengan gaya arsitektur berbeda. Lebih modern kontemporer dari kebanyakan masjid yang ada, dan merupakan masjid Ultramodern pertama di Turki.

Masjid tersebut lumayan baru di salah satu sudut Kota Ankara, dilengkapi dengan sistem pemurnian udara modern, alarm, dan respons elektronik terhadap gerakan di dalam gedung. Masjid tersebut dinamai Masjid Ahmet Hamdi Akseki.

Sebagaimana dilansir Republika, Masjid Ahmet Hamdi Akseki dibangun di Ankara pada November 2008, setelah mengalami masa pembangunan lebih dari 4,5 tahun. Berdiri di atas luas lahan delapan hektare, yang merupakan bagian dari kompleks Kementerian Urusan Agama Turki. Luas bangunan masjid ini mencapai 11 ribu meter persegi, dan resmi dibuka pada Mei 2013.

Nama masjid ini diambil dari salah satu ulama modern sekaligus mantan kepala urusan agama di pemerintahan Turki, Ahmet Hamdi Akseki. Terletak di Jalan Eskisehir ini serta dapat menampung lebih dari 6.000 jamaah. Masjid yang didanai oleh Kementerian Urusan Agama Turki ini konstruksinya dirancang oleh arsitek ternama Turki, Merih Sengul, dengan mengedepankan gaya arsitektur neoklasik kontemporer dengan pola Seljuk Anatolia sebagai unsur ornamennya. Masjid ini menarik perhatian bagi banyak kalangan Muslim karena kesederhanaan eksteriornya. Meski begitu, masjid ini tetap kental dengan detail tradisional yang indah. [republika/islamedia]

Facebook Comments