Ini dia Keunggulan Helikopter Buatan PT DI Dibandingkan Buatan Italia

Menanggapi rencana pengadaan helikopter AgustaWestland AW-101 dari Italia, Direktur PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Arie Wibowo merekomendasikan helikopter antipeluru tipe EC-725 Cougar untuk kendaraan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf kalla.

Arie mengklaim EC-725 sangat direkomendasikan dengan bagi tamu penting dengan pelayanan mewah, dan lebih kuat dibanding helikopter AgustaWestland AW-101 buatan joint venture antara Westland Helicopters di Inggris dan Agusta di Italia.

“Helikopter Airbus EC-725 sangat direkomendasikan bagi VVIP yakni Presiden dan Wakil Presiden, dan lebih unggul dibandingkan buatan Italia (AW-101),” kata Arie, Rabu (25/11).

Dia memaparkan badan helikopter bagian samping dan bawah helikopter EC-725 yang telah di desain antipeluru. namun, pihaknya akui kaca helikopter belum antipeluru. Ini dikarenakan helikopter cenderung ditembak dari bagian bawah.

“Untuk kaca memang tidak antipeluru. Karena helikopter cenderung ditembak dari bagian bawah, maka yang antipeluru bagian bawahnya, termasuk bagian samping dan tangki bahan bakar kita beri lubricant,” tambahnya, seperti dilansir merdeka.

Dengan melakukan beberapa perubahan di bagian interior, pihaknya berharap Jokowi lebih memilih helikopter buatan dalam negeri.

Dibandingkan helikopter EC-725, helikopter AW-101 hanya digunakan empat kepala negara. Selain itu, dari segi keamanan, Arie mengungkapkan, pembelian AW-101 itu dikhawatirkan berpotensi terbongkarnya rahasia keamanan.

Meski demikian, harga helikopter EC-725 lebih murah dibandingkan AW-101.

“Lebih jelas lagi, EC-725 lebih murah dibandingkan AW-101,” tegasnya. [merdeka/islamedia]

Related Posts

Facebook Comments