Gerakan Sarung Bersih Usulan Ustadz Yusuf Mansur

Islamedia – Tahun 2015 ini adalah tahun kedelapan usia Komunitas Gerakan Mukena Bersih (GMB) yang telah sukses menjalankan programnya menyediakan mukena bersih di masjid dan mushala.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur’an Ustaz Yusuf Mansyur mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh GMB selama delapan tahun tersebut. “Upaya GMB merupakan bukti dari keindahan nilai Islami yang hidup dalam diri umat Islam di Indonesia,” kata Ustaz Yusuf, Sabtu (31/10) seperti dikutip dari republika.co.id

Ustaz YM menilai, program GMB mengandung dimensi pembelajaran yang sangat luas. Tidak hanya tentang kebersihan dan kesucian, namun juga mengasah sifat peduli, berbagi, melayani, amanah serta kebersamaan dalam kebajikan dan taqwa diantara umat Islam.

Ustaz asli betawi ini berharap program GMB tidak berhenti sampai disini, namun terus berkembang menjadi satu kepedulian yang tertanam secara mendasar di hati dan sikap umat Islam Indonesia. Menurut dia, gerakan ini juga merupakan seruan bagi umat Muslim agar mengindahkan nilai-nilai Islami.

Mendukung gerakan tersebut, Ustaz Yusuf Mansyur mengusulkan untuk melakukan aksi yang sama yaitu Gerakan Sarung Bersih. Menurutnya, hal tersebut juga bisa diterapkan mengingat sarung juga merupakan salah satu perlengkapan shalat untuk laki-laki Muslim di Indonesia yang juga sering ditemukan tidak terawat kebersihannya di masjid maupun mushala. Masyarakat Indonesia mayoritas yang laki-laki ketika sholat menggunakan sarung yang terkadang memanfaatkan sarung yang ada di Mushola atau Masjid. (islamedia/js)

Facebook Comments