Gelar KTT Aliansi Anti Terorisme, Indonesia Ikut Mendukung

Al Arabiya melansir Arab Saudi bakal menjadi tuan rumah KTT Aliansi Militer negara-negara Islam bulan depan, dan dikabarkan Indonesia ikut mendukung aliansi anti terorisme ini.

Dalam aliansi tersebut telah bergabung bersama Saudi sebanyak tiga puluh lima negara : Yordania, Uni Emirat Arab, Pakistan, Bahrain, Bangladesh, Benin, Turki, Chad, Togo, Tunisia, Jibuti,Senegal, Sierra Leone, Somalia, Gabon, Guinea, Palestina, Komoro, Qatar, Pantai Gading, Kuwait, Lebanon, Libya, maladewa,Mali, Malaysia, Mesir, Maroko, Mauritania, Neger, Nigeria, dan Yaman. Tidak ternyantum dalam dafatar ini adalah tiga negara yang kental Syiah: Iran, Irak dan Suriah.

Dilansir Inilah, mengutip dari Saudi Press Agency, disebutkan lebih dari sepuluh negara Islam menyatakan dukungannya pada aliansi tersebut, “Lebih dari sepuluh negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya juga menyatakan niatnya mendukung aliansi ini dan bakal mengambil langkah penting untuk bergabung, termasuk Indonesia,” .

Aliansi tersebut bermarkas pusat di Riyadh, ibu kota Saudi . Dibentuk pada Desember lalu untuk bertujuan memerangi terorisme. Mayoritas anggota aliansi ini juga adalah anggota Organisasi Kerja sama negara-negara Islam OKI yang dibentuk pada 1981.

“Tugas aliansi ini adalah untuk melindungi negara Islam dari aksi para gerombolan atau organisasi teroris apa pun nama sekte keagamaannya yang kerap menimbulkan kematian dan menjarah apa pun di muka bumi serta meneror orang-orang tak bersalah.” Tulis pernyataan tersebut. [inilah/islamedia]

Facebook Comments