Film MARS, Perjuangan Ibu Miskin dari Gunung Kidul Demi Pendidikan Putrinya

0

Islamedia – Malam minggu kemarin, iseng singgah ke bioskop mau nonton. Terpampang ada 3 plihan filem yang menggoda untuk ditonton: Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC-2), Captain America (Civil War), dan MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta).

AADC-2 tayang lebih dari 2 studio, Captain America juga lebih dari 2, tayang full sampai tengah malam dengan penonton yang masih berjibun. Sementara MARS tayang di 1 studio dan cuma sampai setengah 8 malam saja.

Dari 3 pilihan filem yang menggoda tadi, akhirnya kami memutuskan memilih MARS karena ini filem memang tidak biasa. Paling nggak kita nonton filem anti mainstream laah…:)

Ternyata pilihan kami tidak salah. Walau tanpa resensi dan minim info lebih jauh tentang filem ini, kami memilih nonton MARS. Filem ini istimewa, karena bukan bercerita tentang cinta picisan ataupun fantasi komik.

Filem MARS bercerita tentang perjuangan seorang ibu di daerah Gunung Kidul untuk pendidikan anaknya. Walau buta huruf dan miskin, beliau punya cita-cita tinggi untuk pendidikan anaknya. Walaupun penuh keterbatasan dan hinaan. Dari pelosok Gunung Kidul, ananda akhirnya menyempurnakan niat ibunda hingga terbang tinggi menempuh pendidikan sampai ke kampus elit di Inggris, yaitu Oxford University. Dari bale-bale kemiskinan kampung, terbang ke perpustakaan Oxford.

Filem ini tentang potret kemiskinan dan kebodohan yang melanda mayoritas bangsa ini. Tapi orang-orang luar biasa dan hebat selalu lahir dari keterbatasan-keterbatasan seperti ini.

Tak sedikit penonton yang meneteskan airmata, untuk alur cerita filem ini yang sangat menyentuh. Terharu untuk cerita yang bermutu, bukan kisah roman cinta picisan. Sayang, bila dibanding dengan AADC-2 dan filem lainnya, filem MARS minim publikasi dan dan informasi. Padahal filem ini sangat inspiratif dan merupakan filem pertama Indonesia yang sukses bisa syuting di kampus Oxford, yang juga merupakan lokasi syuting filem Harry Potter.

Film yang diperankan oleh Kinaryosih, Acha Septriasa, Chelsea Riansy, Jajang C. Noer, Teuku Rifku Wikana, M. Cholidi Asadil Alam, Ence bagus, Yati Surachman dan nama-nama lainnya, serentak rilis di bioskop pada tanggal 4 Mei 2016, bertepatan dengan “Hari Pendidikan Nasional”. Saya merekomendasikan, silahkan nonton filem inspiratif ini. Sayang bila filem hebat ini kalah tayang dibanding filem lain, dan harus turun karena minim penonton.

Berikut ini link Trailer Film MARS

Ditulis oleh Helsusandra Syam
Dipublikasikan pertama kali di blog pribadinya hensyam.com

Facebook Comments