Erdogan Meresmikan Terowongan Tol Bawah Laut Penghubung Benua Asia Eropa

Islamedia – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi membuka terowongan bawah laut bernama Eurasia yang menghubungkan dua benua; Eropa dan Asia di kota Istanbul. Selasa, (20/12/2016).

Seperti dilansir dakwatuna kamis(22/12/2016), posisi terowongan berada di bawah laut selat Bosphorus. Diperkirakan setiap harinya akan dilewati 100.000 kendaraan yang melintas. 

Terowongan bawah laut ini dapat mempersingkat perjalanan dari 100 menit menjadi 15 menit dari daerah Kazlicesme ke daerah Göztepe.

Pembangunan Terowongan bawah laut ini memakan waktu selama 5 tahun lebih tersebut memiliki jarak 14,6 Km. Jarak 5,4 Km. berada di bawah dasar laut selat Bosphorus. 

Tol Bawah Laut Eurasia

Bagian wilayah Eropa dimulai dari kota Istanbul membentang dari daerah Kazlicesme menuju daerah Göztepe  yang berada di benua Asia. Bagian terowongan yang memasuki wilayah dasar laut dibuat dalam dua tingkat.

Kendaraan yang melintasi terowongan ini dibatasi kecepatanya hanya diperbolehkan maksimal 77 km/jam. Terowongan bawah laut ini menurut Enigeering News Record Amerika adalah terowongan laut terbaik di dunia di tahun 2016 ini.[islamedia.id]

Facebook Comments

You may also like

Erdogan: Kami Cinta Rakyat Mesir Seperti Halnya Mereka Bangsa Kami

Islamedia – Dalam sebuah wawancara dengan saluran Aljazeera Arabic pada