Erdogan Lakukan Uji Coba Lintasi Terowongan Bawah Laut Eurasia

Islamedia¬†–¬†Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (8/10) mengemudikan mobil yang pertama kali melintasi terowongan baru Istanbul di bawah laut Marmara.

Mobil tersebut dikemudikan langsung oleh Erdogan. Bersamanya, ikut pula Perdana Menteri Binali Yildirim dan Menteri Transportasi dan Komunikasi Ahmet Arslan. Mobil bertolak dari Harem di sisi Eropa dan kembali ke Harem.

Dilansir Anadolu Agency, terowongan yang menghabiskan biaya 1.25 Miliar dollar itu menghubungkan Eropa dan Asia. Pada 20 Desember tahun ini rencananya akan mulai dibuka.

Kepada wartawan, setelah melakukan uji coba terowongan Eurasia dengan mobil dinasnya, Erdogan mengatakan: “Meskipun semuanya, saya jamin kami terus berinvestasi sesuai dengan visi kami 2023.”

Visi Turki 2023, yang menandai 100 tahun usia Republik Turki, menetapkan target spesifik dan perbaikan besar dalam bidang kegiatan ekonomi, energi, kesehatan dan transportasi untuk 2023. Salah satu target paling spektakuler adalah menjadi salah satu dari 10 dunia ekonomi.

Menteri Arslan mengatakan terowongan Eurasia akan menghemat waktu dan bahan bakar.

Dari total panjang 14.6 km (9.07 mil), 3.4 km (2.11) diantaranya posisinya berada di bawah laut. [Islamedia/abe]

Facebook Comments