Dukung Penuh LGBT, Panasonic Izinkan Karyawannya Menikah Sesama Jenis

Dukungan penuh pada pelaku LGBT rupanya diberikan juga oleh perusahaan elektronik raksasa Jepang.

Adalah perusahaan elektronik Jepang, Panasonic Corp, yang mengumumkan dukungan bagi karyawan yang memiliki preferensi seksual sesama jenis. Bahkan, karyawan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) juga diizinkan menikah dengan sesamanya.

Selain izin menikah sejenis, Panasonic menyatakan karyawan LGBT menerima hak sama seperti pekerja heteroseksual, demikian peraturan perusahaan tersebut disampaikan oleh juru bicara Chieko Gyobu dalam jumpa pers di Kota Osaka, akhir pekan ini.

“Hak cuti, asuransi, maupun bonus juga diberikan kepada karyawan dengan preferensi seksual sesama jenis,” ujarnya sebagaimana dilansir Merdeka, mengutip dari Mainichi Shimbun, Sabtu (20/2).

Manajemen Panasonic mengklaim sudah melakukan kajian sejak lama mendukung karyawan LGBT. Selain atas desakan internal, perusahaan dengan 250 ribu pekerja di seluruh dunia yang akan menjadi sponsor Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil, pertengahan tahun ini mengungkapkan, salah satu Anggaran Rumah Tangga Komite Olimpiade Dunia, menyebutkan semua pihak pendukung pergelaran olahraga terbesar ini, tidak boleh mendiskriminasi seseorang atas dasar apapun, termasuk karena preferensi seksual mereka.

“Manajemen menilai hak-hak individu dalam perusahaan ini harus dihormati, keunikan mereka berharga bagi perusahaan,” ujar Tetsuya Senmatsu, Manajer Sumber Daya Manusia Panasonic.

Selain Panasonic, baru IBM Jepang yang sudah mendukung karyawan yang ingin menikah sesama jenis. IBM bahkan memberi cuti menikah serta bonus khusus untuk pekerja LGBT yang menikah.

Pernikahan sejenis mulai legal pada November 2015 di Jepang. Sertifikat pernikahan dikeluarkan oleh Catatan Sipil Distrik Shibuya, Ibu Kota Tokyo, sehingga status hukum mereka setara dengan pasangan lainnya. [merdeka/islamedia]

Facebook Comments