Dukung LGBT, Facebook Sediakan Fitur Pengganti Foto Profil Pelangi

Sumber : https://www.facebook.com/zuck

Islamedia – Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, pada hari Jum’at 26 Juni 2015, mengganti latar foto profil di fanpage miliknya dengan motif warna-warni serupa pelangi. Ia bahkan menyediakan fitur khusus di Facebook bagi mereka yang ingin mengubah foto profil seperti miliknya cukup dengan mengunjungi facebook.com/celebratepride. Cukup banyak pengguna media sosial ini yang kemudian secara sadar atau sekadar ikut-ikutan mengakses tautan tersebut secara gratis dan mengikuti langkah Mark.

Bagi sebagian orang, gambar profil dengan motif pelangi ini mungkin terlihat menarik. Namun tahukah Anda, bos facebook itu tidak membuat motif dan fitur khusus ini untuk sekadar lucu-lucuan? Ia ternyata dengan sepenuh hati mendedikasikan motif pelangi ini untuk “perayaan cinta” kaum Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT) yang biasa dilakukan setiap bulan Juni. Ini bisa kita telusur dari status facebook di akun resmi Mark sebelumnya. Pada tanggal 25 Juni, sehari sebelum ia mengunggah foto profil pelanginya, ia mengatakan: “June is LGBT Pride Month — a moment to celebrate diversity and show our pride in the contributions of lesbian, gay, bisexual and transgender people to communities all over the world (Bulan Juni adalah bulan kebanggaan bagi kaum LGBT, momen untuk merayakan keberagaman dan menunjukkan kebanggan kita atas peran kaum lesbian, gay, bisexual dan transgender kepada masyarakat di seluruh dunia)”. Pada status ini, tak lupa Mark menyertakan foto banner warna-warni, yang dikenal sebagai simbol kebanggaan LGBT,  dengan acungan jempol “suka/like” khas facebook yang dipajang di kantor pusat facebook di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Sumber: https://www.facebook.com/zuck
Sumber: https://www.facebook.com/zuck

Bendera Pelangi dikenal sebagai simbol kebanggaan kaum LGBTdan sudah digunakan sejak tahun 1970-an. Bendera ini awalnya dirancang oleh Gilbert Baker dan digunakan pertama kali dalam parade gay San Francisco pada tanggal 25 Juni 1978. Menurut kabar, Gilbert terinspirasi oleh lagu Judy Garland (seorang ikon gay) berjudul Over The Rainbow.

Jadi, pikir ulang jika Anda hendak memodifikasi latar foto profil akun facebook Anda dengan model pelangi ini, karena bisa-bisa Anda tengah mendukung kampanye LGBT ala Mark. [Abdul Fatah]

Facebook Comments