DPR RI: Indonesia Sudah Saatnya Terlibat Dalam Penyelenggaraan Haji di Arab Saudi

Islamedia – Rombongan DPR RI yang terdiri dari Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, serta Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini direncanakan bertemu Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz hari ini pukul 13.30 waktu setempat. Dalam kesempatan tersebut rombongan DPR akan mengutarakan beberapa pendapatnya perihal pengelolaan ibadah haji.

“Sudah waktunya penyelenggaraan ibadah haji harus melibatkan seluruh negara di dunia, khususnya negara dengan penduduk Islam terbesar seperti Indonesia,” ucap Setya dalam siaran pers tertulisnya, Jumat (25/9) seperti dikutip dari Republika. Hal ini bertujuan agar seluruh permasalahan haji berikut langkah-langkah penyelesaiannya dapat segera didapatkan, dan meminimalisir insiden seperti yang terjadi di Mina, kemarin.

Setya mendesak negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Ekonomi Dunia, The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok 20 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. “Karena kita tahu, ritual tahunan ibadah haji merupakan ritual besar yang memiliki dampak ekonomi yang tidak sedikit bagi negara-negara berkembang,” ujar politikus Partai Golkar ini.

Dia berharap umat Islam di dunia mau ikut memberi kontribusi positif dalam merespon insiden Mina. Duka Mina adalah duka kita sebagai sesama muslim. “Karena umat Islam di seluruh dunia diikat oleh persaudaraan keimanan melebihi persaudaraan yang didasari atas hubungan darah,” kata Setya. Sudah sepatutnya insiden Mina ini menjadi pelajaran berharga untuk mengevaluasi secara keseluruhan prosesi rukun Islam kelima yang berlangsung di Tanah Suci Makkah setiap tahunnya yang melibatkan jutaan umat Muslim dari seluruh dunia. (islamedia/js)

Facebook Comments