Disumpah dengan Al-Qur’an, Muslimah Amerika Resmi Dilantik Jadi Hakim di New York

Islamedia – Dengan busana “gamis” hitam dan balutan kain menutupi kepalanya, Carolyn Walker-Diallo mengambil sumpah sebagai seorang hakim pengadilan sipil di kota New York pada 10 Desember lalu waktu setempat. Tetapi ada yang berbeda dari pelantikan hakim pada umumnya. Berlokasi di Brooklyn Borough Hall kota New York, Walker (39 tahun) melakukannya seraya memegang Al-Qur’an. Tak heran karena ia memang seorang muslimah.

“Segala puji tentu hanya bagi Yang Maha Tinggi! Aku merasa berterima kasih atas kepercayaan yang diamanahkan masyarakat kepadaku untuk mengemban tanggung jawab, agar memastikan setiap orang mendapat pengakuan dan kesempatan yang setara untuk didengar di dalam ruang pengadilan,” kata Carolyn dalam laman yang selama setahun ini mendukung kampanyenya hingga terpilih menjadi hakim pengadilan sipil.

Di laman www.walkerdialloforjudge.com itu Walker pun menegaskan, bahwa setiap keputusan yang diambilnya akan dibuat berdasarkan integritas, welas asih, dan komitmen menumbuhkan kesetaraan di mata hukum.

Hakim Walker akan bertugas sebagai hakim pengadilan sipil di kawasan distrik ke-7. Ia akan menjadi hakim di daerah tempatnya tumbuh dan besar.

Para hakim di Pengadilan Sipil New York menduduki jabatannya melalui pemilihan untuk menjalani masa bakti selama 10 tahun. Ada sebanyak 120 orang Hakim Pengadilan Sipil, dengan 50 orang hakim bertugas di pengadilan sipil itu sendiri sedangkan selebihnya menjalankan tugas di pengadilan kriminal dan pengadilan keluarga. Hakim yang bertugas di suatu distrik dapat juga menjadi hakim di distrik lainnya ketika diperlukan.

Sebelum Walker, ada juga muslimah, Zakia Mahasa, yang telah ditunjuk menjadi hakim pada tahun 1997 di kota Baltimore. (ismed/iina/cwdfj/nyus/wisemw)

Facebook Comments