Dihadiri Ahmet Davutoglu, Masjid Bersejarah Bosnia Kembali Dibuka

Masjid bersejarah di Bosnia yang hancur selama masa perang kembali dibuka. Ribuan orang berbondong-bondong ke ibukota Serbia-Bosnia untuk menghadiri pembukaan majid yang dibangun pada abad ke-16 tersebut.

Masjid yang diledakkan 23 tahun yang lalu tersebut bernama Ferhat-Pasha. Berada di kota Banja Luka, ibukota otonomi Bosnia di Repulik Serbia, kembali dibuka. Masjid ini sendiri berada di bawah perlindungan UNESCO sebagai contoh luar biasa dari bangunan arsitektur Otoman, seperti dilansir Sindonews.com, mengutip dari Reuters, Sabtu (7/5/2016).

umat Islam Bosnia membutuhkan waktu 15 tahun untuk memperoleh izin konstruksi dan dana untuk pembangunan masjid ini. Ribuan keping puing-puing dari bangunan aslinya dipungut kembali dari Sungai Vrbas dan situs sampah dimana puing itu dibuang.

Para pejabat Bosnia dan Turki menghadiri pembukaan kembali masjid tersebut, temasuk mantan perdana menteri Turki yang baru mengundurkan diri Ahmat Davutoglu. Rekonstruksi masjid bersejarah ini tak lepas dari peran besar Turki

Sekitar 1.000 aparat polisi memberikan keamanan ekstra ketat di jalan-jalan yang dipenuhi umat Muslim dari seluruh negeri. Lalu lintas yang berasal dari pusat kota dilarang. Pun begitu dengan alkohol yang juga dilarang. [sindonews/islamedia]

Facebook Comments