Dibandingkan dengan Jakarta, Kota Bandung Lebih Cerdas

Islamedia – Terpilihnya Kota Bandung mewakili Indonesia terpilih menjadi finalis “World Smart City Awards 2015” dibanding Jakarta adalah sebuah kewajaran, mengingat Bandung memang lebih cerdas. Pernyataan ini disampaikan oleh Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Jakarta, Yayat Supriatna.

Dibandingkan dengan Jakarta, Bandung lebih cerdas. Kota ini tidak sekadar memanfaatkan teknologi sebagai sarana menyampaikan informasi, juga membangun kualitas manusianya, warganya” ujar Yayat sebagaimana dilansir Kompas.com, Rabu (18/11/2015).

Menurut Yayat ada perbedaan yang sangat mendasar antara Bandung dan Jakarta, kota Bandung dibangun dengan melibatkan partisipasi aktif warganya.

Nilai plus Bandung lainya menurut Yayat adalah memiliki Pemimpin yang sangat cerdas seperti Ridwan Kamil. Sebagai walikota, Ridwan Kamil mampu menerjemahkan rancangan dan struktur kota menjadi kultur baru yang disadari warganya bisa membawa Bandung ke arah yang lebih baik.

Sementara hal yang kontras terjadi di Jakarta, kepemimpinan Basuki Tjahya Purnama (Ahok) tak mampu melibatkan partisipasi aktif warganya. Sehingga warga tidak punya rasa memiliki atau sense of belonging. [islamedia/mh]

Related Posts

Facebook Comments