Charlie Hebdo Bikin dan Sebarkan Kartun Rasis, Bakal Diseret ke Meja Hijau

Aylan Kurdi semasa hidupnya.

Islamedia – Majalah kartun satir Perancis, Charlie Hebdo, dilaporkan akan menghadapi tuntutan hukum setelah menerbitkan kartun “rasis dan kebencian” yang melecehkan Aylan Kurdi (alm), seorang balita pengungsi Suriah yang tenggelam dan terdampar di pantai Turki awal bulan September ini. Demikian dilaporkan IINA pada Selasa (15/9/2015) kemarin.

Kartun terbitan Charlie Hebdo tersebut menggambarkan Aylan Kurdi tengkurap dengan wajah menghadap ke pasir pantai seperti ketika ia ditemukan, tapi disertai kata-kata keterangan bernada mengejek, ‘So Close to the Goal’. Kata-kata itu yang memancing murka banyak orang.

Pengacara dan aktivis politik asal Inggris, Peter Herbert, selaku Ketua The Society of Black Lawyers dan mantan Wakil Kepala otoritas polisi metropolitan, menyatakan bahwa organisasinya mempertimbangkan untuk melaporkan ulah rasis Charlie Hebdo itu ke Mahkamah Kejahatan Internasional. Pihaknya akan melaoprkan Charlie Hebdo dengan tuntutan telah melakukan kejahatan kebencian (hate crime) dan penyiksaan.

“Charlie Hebdo merupakan penerbitan yang benar-benar rasis, xenofobik, dan bankrut ideologinya,” kata Herbert di akun Twitternya @herbert_donald. (iina/aljazeer/ismed)

Facebook Comments