BW Tentang Maksud Teten Soal APBN Jebol Jika Tidak Ada Setoran dari Freeport

0

Pernyataan Staf Kepresidenan, Teten Masduki, bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa kolaps jika perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia tidak dilakukan, ditanggapi oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Bambang Widjojanto.

Bambang mengatakan tidak percaya jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan jebol jika tidak ada setoran dari Freeport.

“Saya belum tahu itu pos mana yang jebol dari Rp 2ribu triliun lebih di APBN kita kalau Freeport tidak diperpanjang. Soalnya yang terbesar, ya dari pajak. Saya juga belum tahu kalau pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sumber daya alam berapa,” katanya usai Diskusi Seri 5 Madrasah Antikorupsi dengan tema “Quo Vadis KPK? Masa Depan Pemberantasan Korupsi” yang digelar PP Pemuda Muhammadiyah di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Senin (14/12).

BW menambahkan, hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia menghadapi beberapa faktor yang bisa menyebabkan APBN-nya terganggu. Salah satu diantaranya adalah soal ketidakpastian penegakan hukum. Selain itu, angka korupsi yang tinggi juga menjadi penyebab utama merosotnya penerimaan negara dan juga indeks pertumbuhan manusia didalamnya.

“Jadi mungkin maksud Teten karena kegaduhan ini ditambah memang belum ada kepastian di dalam penegakan hukum makanya APBN bisa merosot,” ujar BW, seperti dilansir rmol.

Oleh karena itu, BW meminta agar pemerintah harus tegas. “Presiden harus tegas seperti poin-poin yang sudah dia utarakan soal royalti, smelter, divestasi atau apapun itu agar negara selamat dari pemburu rente. Dia (presiden) harus cepat dan tegas,” papar BW. [rmol/islamedia]

Facebook Comments