Buntut Penggusuran Brutal di Kampung Pulo, Tagar #LawanAhok Penuhi Jagat Maya

Islamedia – Penggusuran paksa warga kampung pulo dengan cara brutal oleh Pemprov DKI Jakarta dan berakhir ricuh beberapa hari lalu mengundang simpati netizen di jagat maya.

Dari pantauan Islamedia pada pukul 23.30 Wib, Tagar #LawanAhok menjadi populer di jagat Twitter. Tagar #LawanAhok tersebut menjadi trending topic atau paling populer di dunia pada urutan 2.

Perlawanan netizen melalui Tagar #LawanAhok ini merupakan buntut dari kasus penggusuran warga Kampung Pulo yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Kamis lalu (20/2).

Salah satu netizen mencurahkan kegeramannya melalui cuitan Twitter. “yang kita lawan dari Ahok‎ adalah kemunafikannya yang selama ini berlindung dibalik pencitraan topeng antikorupsi#LawanAhok,” kata akun @SangPemburu99 yang dilansir RMOL.co, Sabtu (22/08/2015)

Selain itu, akun @AryaSandhiyudha menuliskan bagaimana dia mengagumi keberanian Ahok. Tapi, ia mengaku heran karena keberanian Ahok hanya sebatas untuk rakyat kecil saja.

“Gub Ahok memang berani…, tapi ingat, rakyat kecil punya nyawa cadangan untuk melawan sebesar apapun kekuatan yang menekan#LawanAhok,” tulisnya.

Bahkan, ada juga yang mengkritik kebrutalan Satpol PP saat menertibkan Kampung Pulo, Kamis (20/8)lalu.

“Gue kritisi kebrutalan Satpol PP-nya yang nggak berubah#LawanAhok,” tulis akun@Restyies.

‎Bahkan, ada yang mengkaitkan hastag #LawanAhok dengan Pilkada DKI 2017 nanti.

“Simpan KTP anda!! Jangan dikasih ke relawan Ahok!!#LawanAhok,” tukas akun bernama @dimasprakbar.

Perlu diketahui, sebelumnya sejumlah organisasi masyarakat membentuk gerakan ‘Lawan Ahok’ terkait penggusuran yang dilakukan Pemprov DKI kepada masyarakat yang tinggal di bantaran kali Ciliwung, Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Gerakan ini muncul setelah melihat kericuhan saat penggusuran di Kampung Pulo, yang dianggap sangat menindas masyarakat kecil didaerah tersebut.[islamedia/YL]

Facebook Comments