Bos Facebook Kagumi Buku Ilmuwan Islam Ibnu Khaldun, Ini Alasannya

Islamedia  Mark Zuckerberg,  sang pendiri sekaligus pemilik jejaring sosial Facebook, mengagumi salah satu karya ilmuwan muslim, Ibnu Khaldun.

Buku Ibnu Khaldun berjudul `Muqaddimah` kini menjadi salah satu karya yang menjadi bacaan wajib Zuckerberg.

“Bacaan saya selanjutnya dalam A Year of Books adalah Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun,” tulis  Mark dalam akun facebooknya,  Senin, (01/05/2015).

Dalam penjelasannya, Mark mengungkapkan buku karya Ilmuwan Islam pada tahun 1.300-an yang bercerita tentang sejarah dunia itu layak untuk dibaca dan dikaji.


“Ini adalah sejarah dunia yang ditulis oleh seorang intelektual yang hidup pada tahun 1300-an,” tulis Mark


Dalam ‘Muqaddimah’ dijelaskan, mengenai pembentukan masyarakat dan budaya, penciptaan kota, politik, perniagaan, dan pengetahuan.


“ini berfokus pada bagaimana masyarakat dan aliran budaya, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan dan ilmu pengetahuan” tulis Mark melanjutkan.

mark-zuckerberg-kagumi-buku-Ibnu-khaldun

Menurut Mark, meski banyak dari apa yang diyakini kini terbukti tidak benar setelah 700 tahun kemajuan, karya Ibnu Khaldun ini masih sangat menarik untuk melihat apa yang dipahami saat ini, dan pandangan dunia secara keseluruhan ketika itu semua dianggap sama.[dream/islamedia/YL]

Facebook Comments