Berhasil Tuntaskan Buta Aksara, Pemkot Padang Raih Penghargaan Pendidikan

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat menerima penghargaan (minangkabaunews)

Islamedia – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang meraih penghargaan ‘Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2015’. Kota Padang menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan di Gedung Ki Hadjar Dewantara, Senayan, Jakarta, Jumat (11/12) lalu.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Kota Padang dinilai berhasil menuntaskan buta aksara. Selain itu, Padang juga dirasa mampu melaksanakan program wajib belajar 12 tahun dengan baik.

“Pendidikan gratis 12 tahun dan memasukan pendidikan menjadi program unggulan, adalah sebagian dari bentuk kepedulian pemerintah Kota Padang dalam pelayanan pendidikan,” tuturnya di Kota Padang, seperti dilansir Republika, Sabtu (12/12/2015).

Mahyeldi menuturkan, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah, untuk mendorong partisipasi semua pihak. Khususnya, kata dia, agar lebih banyak pihak yang peduli terhadap pelayanan pendidikan. Mendikbud berharap, Kota Padang dapat mewujudkan visi sebagai daerah yang mampu mewujudkan pendidikan yang bermutu, berprestasi dengan semangat kebersamaan.

Selama ini, ia mengatakan, melalui Dinas Pendidikan Kota Padang, Pemkot menciptakan program kreatif agar mendapat dukungan dari masyarakat. Dukungan tersebut, ia melanjutkan, membuat lahirnya sejumalh lembaga yang peduli terhadap pendidikan, salah satunya organisasi bersama peduli pendidikan (Gema Pendik). Organisasi tersebut, ujar Mahyeldi, melibatkan unsur masyarakat dan Pemkot dalam mengentaskan sejumlah masalah pendidikan di Kota Padang.[islamedia/ROL/YL]

Facebook Comments