Bendung Alfa Mart dan Indomaret, Pemprov Sumbar Luncurkan Minang Mart

PADANG – Dalam rangka membantu meningkatkan usaha masyarakat dan membendung Alfa Mart serta Indomaret masuk, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat berencana untuk meluncurkan 1.000 Minang Mart.

“Dalam waktu dekat kami akan luncurkan sistem usaha Minang Mart, pemerintah harus terlibat dalam meningkatkan usaha masyarakat,” ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu (18/5).

Menurutnya, Minang Mart akan saling menguntungkan antara pemilik usaha dengan masyarakat konsumen, karena Minang Mart akan memberikan harga yang cukup miring.

“Caranya, Minang Mart akan membeli barang dalam partai besar, sehingga mendapatkan harga murah. Dengan cara itu, jaringan usaha ini juga dapat menjual murah pada masyarakat,” ujarnya dikutip dari Republika.

Pelaksanaan Minang Mart tersebut nantinya akan kerjasama antara Bank Nagari sebagai pemberi modal, manajemen serta pengelolaan barang akan dilakukan Grafika. Sementara Jamkrida akan memberikan jaminan bagi masyarakat yang membutuhkan jaminan kredit. Oleh karena itu, Irwan meyakini, jaringan Minang Mart itu akan dapat membantu pengembangan usaha masyarakat

Minang Mart akan menjual, beras, cabe dan kebutuhan pokok seerta menjual hasil UMKM dan produk peternakan, sehingga diyakini akan menjadi pengendali inflasi.

Joni (39) salah seorang pengusaha kerupuk sanjai di Payakumbuh, Sumbar mengapresiasi rencana Pemprov Sumbar, dan mengatakan dengan adanya jaringan usaha tersebut, pengusaha kecil seperti dirinya akan memiliki peluang untuk berkembang. [republika/islamedia]

Facebook Comments