Bela Gereja Soal Simbol Yahudi di Tolikara, Komisioner Komnas HAM Seperti Jubir GIDI

Islamedia –┬áPengamat media sosial Eko Setiawan menyayangkan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang ikut campur pembahasan soal simbol Yahudi bintang Daud diwilayah Tolikara Papua. Eko menganggap ada kesan bahwa Natalius ini memerankan diri seperti juru bicara(Jubir) Gereja Injil Di Indonesia (GIDI).

Seharusnya Komisioner Komnas HAM itu mengusut tindakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pelaku teror yang dilakukan oleh GIDI, bukan malah mengomentari simbol Yahudi bintang Daud” ujar Eko kepada Islamedia, ahad (26/7/2015).

Sebagaimana dilansir republika pada hari Jum’at 24┬áJuli 2015, Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengungkapkan bahwa tidak ada gereja yang menganjurkan jemaatnya untuk menggunakan lambang bintang Daud. Penggunaan dan pengecatan simbol bintang Daud, murni inisiatif dan keinginan warga secara pribadi.

Pernyataan Natalius ini berbeda dengan pengakuan masyarakat Tolikara sendiri bahwa pihak GIDI mengenakan sanksi denda Rp 500 ribu bagi warga Tolikara jika tidak mengecat kediamannya dengan simbol bintang Daud. Bahkan dibeberapa titik, simbol bintang david itu ada tulisan “love you israel”.

Lebih lanjut Eko menyarankan kepada Natalius agar bekerja sesuai tupoksinya, bukan mengeluarkan pernyataan diluar wewenangnya.[islamedia/republika]

Facebook Comments