Atas Bantuan Turki, 4000 Pasangan Pengantin Menikah di Gaza Palestina

Islamedia – Sebanyak 4000 pasangan pengantin melangsungkan akad nikah massal di kota Gaza atas sponsor Kementrian Urusan Agama Turki dan Badan Koordinasi Pemerintah Turki, ahad (31/5/2015).

Dalam sambutanya, Wakil Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas Ismail Haniyah menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya terhadap pemerintah Turki dan menyebut bahwa pesta pernikahan massal ini sebagai pernikahan nasional besar, yang mengekspresikan sejauh mana kuat dan dalamnya hubungan umat dan ikatan persaudaraan yang menghubungkan Turki baik presiden, pemerintah dan parlemen dengan bangsa Palestina.

Ismail Haniyah juga mengungkapkan bahwa pernikahan massal ini merupakan penyempurnaan bagi kemenangan yang diciptakan perlawanan dan senjatanya di atas tanah dan di bawahnya, di darat dan udara dalam perang terakhir ke Jalur Gaza pada musim panas tahun lalu.

“Dengan pesta pernikahan massal, Gaza hari ini menegaskan bahwa malam gelap berlalu dan taring-taring blokade tidak bekerja menghadapi kehendak kami. Konspirasi telah membentur karang semangar juang bangsa ini, karena Gaza yang diinginkan kematiannya oleh sebagian pihak pada hari ini menuliskan chapter-chapter kehidupan dan kebanggaan.” ujar Ismail Haniyah.

Haniyah juga menyatakan telah menyediakan 19 hektar untuk pembangunan 20 apartemen atas bantuan Turki terdiri dari 340 rumah apartemen dalam rangka untuk rekonstruksi di Jalur Gaza. Dia menyatakan dana senilai 4 juta dolar khusus untuk pernikahan ini akan dibagikan kepada masing-masing pasangan dalam beberapa hari ini.

Pernikahan massal atas sponsor Turki ini bersamaan dengan peringatan tahun kelima serangan pasukan Angkatan Laut Zionis terhadap kapal Mavi Marmara di laut Mediterania saat melaut menuju Jalur Gaza guna membebaskan blokade yang diberlakukan. Kapal tersebut membawa lebih dari 500 aktivis sebagian besarnya dari Turki. Serangan ini mengakibatkan 10 aktivis Turki gugur dan lebih dari 50 lainnya terluka.[infopalestina/islamedia]

Facebook Comments