Al-Jazeera Beberkan Rangkaian Pesan Rencana Kudeta Atas Erdogan

Kudeta Turki Berhasil Digagalkan, Tentara Pemberontak Ditangkap

Islamedia¬†–¬†Saluran TV Al-Jazeera Qatar memperoleh salinan pesan yang dikirim antara pelaku kudeta Turki yang terjadi Jumat lalu.

Pesan tersebut berisi instruksi tentang perebutan kekuasaan dan pernyataan keadaan darurat.

Pesan tersebut mengungkapkan bahwa tiga helikopter menuju ke hotel tempat Presiden Recep Tayyip Erdogan tinggal untuk membunuh atau menangkapnya .

Al – Jazeera menerima salinan dari serangkaian pesan yang dikirimkan oleh para pemimpin kudeta melalui aplikasi WhatsApp. Mereka dikabarkan membuat grup aplikasi tersebut untuk saling berkirim pesan, termasuk intruksi dan respon.

Dilansir middle east online, terungkap juga bahwa aksi kudeta direncanakan pukul 3 dini hari waktu Turki, tetapi dilakukan lebih cepat oleh militer pro kudeta dengan mencoba mengambil kontrol gedung pemerintahan, jembatan dan bandara pada pukul 9.30 mala

Pesan bocor tersebut juga menjadi bukti beberapa aparat polisi yang ingin bergabung dalam aksi kudeta.

Kepala biro Al – Jazeera di Istanbul, Abdul Azim Mohamed, menegaskan bahwa tiga helikopter milik Pasukan Khusus militer yang membawa 40 tentara tiba di hotel di kota Marmaris di mana Erdogan tinggal, untuk menangkap atau membunuh presiden. Erdogan sendiri meninggalkan lokasi menggunakan helikopter pribadi setengah jam sebelumnya. Para pengawal presiden kemudian berhadapan dengan para militer pelaku kudeta, akhirnya beberapa dari mereka melarikan diri melintasi pegunungan setelah salah satu helikopter jatuh.

Jurnalis Al-Jazeera mengatakan komandan gendarmerie di Bursa, Kolonel Muharrem Kose, ditahan tiga jam setelah peristiwa percobaan kudeta.

Ia mengantungi lebih dari 80 nama yang akan menjalankan roda pemerintahan setelah pernyataan kondisi darurat. Diketahui nama-nama pejabat militer, menteri, hakim, jaksa dan gubernur berada di dalamnya.

Pesan itu mengkonfirmasi mantan Komandan AU Jenderal Akin Ozturk sebagai otak aksi kudeta tersebut. [islamedia/abe]

Facebook Comments