Aksi Solidaritas untuk Rohingya, Forum Umat Islam Demo Kedubes Myanmar

Umat Islam Protes Myanmar, Soal Rohingya

Islamedia  Ratusan massa dari Forum Umat Islam dan elemen umat islam lainnya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta, Rabu (27/5).

Massa umat Islam dengan pakaian putih-putih itu melakukan longmarch dari Bundaran HI menuju Kedubes Myanmar untuk menuntut pemerintahan Budha tersebut menghentikan diskriminasi atas umat Muslim Rohingya.

Massa juga membawa spanduk bertuliskan ‘Save Rohingya Muslims’ dan sejumlah spanduk berisi kecaman terhadap Myanmar.

Dalam unjuk rasa itu, para demonstran juga mengecam biksu radikal Ashin Wirathu, Biksu Buddha di Myanmar yang kerap melontarkan kecaman terhadap umat Muslim.

Selain itu, massa juga mengumpulkan uang sumbangan untuk membantu pengungsi Rohingya yang berada di Aceh. Terkumpul sebesar Rp 3 juta lebih.

Perlu diketahui, Sekitar 1.1 juta warga Rohingya di Myanmar tidak mempunyai kewarganegaraan dan hidup dalam kondisi terdiskriminasi. Hampir 140 ribu orang mengungsi dalam bentrokan mematikan dengan umat Buddha di negara bagian barat Rakhine pada 2012.

 
Sementara di Indonesia, sejak pekan lalu tercatat setidaknya 1.700 imigran Rohingya dan Bangladesh yang terdampar di beberapa kabupaten di Aceh. Warga Aceh pun bergotong-royong membantu memberikan makanan, pakaian dan barang kebutuhan sehari-hari.[islamedia/YL]

Related Posts

Facebook Comments