Ahmad Rofiqi: Islam Adalah Satu-satunya Agama Wahyu

Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Moh. Natsir, Bandung, kembali menyelenggarakan kuliah di Ruang Seminar Besar Pusdai Jabar pada Kamis, 4 Februari 2016. Setelah kuliah mengenai menulis, kini tema yang menjadi bahasan adalah “Konsep Diin”. Kegiatan ini dihadiri oleh 50-an peserta dari berbagai macam latar belakang dari mahasiswa hingga karyawan.

Kuliah keenam SPI ini menghadirkan Ahmad Rofiqi, MPd.I, sebagai pemateri. Rofiqi memulai pembahasan Konsep Diin ini dengan menjelaskan makna “diin” dan dilanjutkan dengan korelasi antarmaknanya. Beliau mengungkapkan, “Pengertian diin dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan kata agama, tetapi tidak semua maknanya terangkum dalam kata agama.”

Pemateri yang sekaligus dosen berbagai perguruan tinggi ini pun menjelaskan bahwa Islam adalah satu-satunya agama wahyu. “Islam adalah agama seluruh para Nabi dan Rasul. Orang-orang yang mengatakan bahwa agama samawi itu adalah Islam, Yahudi, dan Nasrani telah keliru,“ ucap Rofiqi.

“Nama Islam pun berasal dari Al-Qur’an, berbeda dengan nama agama lain yang berasal dari nama tempat atau orang. Nama Tuhan dalam Islam tercantum dalam Al-Qur’an (red: Allah), sedangkan agama lain hanya mengatakan nama Tuhan adalah Tuhan. Tuhan Allah dalam ajaran Kristen pun itu hanya sebutan yang dinisbatkan oleh pengikut Kristen di Indonesia, sedangkan di luar hanya menyebutkan God, Lord, dan lainnya,” tegas Ahmad Rofiqi dalam pemaparannya. Beberapa penguat yang mengukuhkan Islam sebagai satu-satunya agama wahyu adalah nama kitab Al-Qur’an yang berasal dari wahyu dan syariat dalam Islam berasal dari wahyu, bukan hasil modifikasi dari Konsili dan sebagainya.

Pernyataan ini menuai tanggapan dari Isa Salsabil dalam acara yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat. “Islam sebagai satu-satunya agama wahyu telah dibuktikan secara empiris melalui Al-Qur’an sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang berisi tentang kabar gembira dan peringatan. Konsep Diin berasal langsung dari Allah yang disampaikan manusia melalui Rasul-Nya. Kita tinggal melaksanakan konsep-konsep tersebut dan itu semua sudah terbukti walaupun banyak yang mencoba mengingkari,” ujar Bapak yang mengikuti kegiatan SPI bersama istrinya ini.

 

Muhammad Ilham Muttaqin

Related Posts

Facebook Comments